hallo para pecinta otomotifkali ini saya akan mmemaparkan artikel tentang mesin motor new mega pro
Tak diragukan…mesin New Megapro memang sadis!!!
Megapro anyar ini Yang
membikin mempesona adalah tampilan rpm ketika dinyalakan pada kegelapan,
kelihatan terang layaknya jarum speedo mobil. Merah menyala seperti
ada effect iluminasi. Begitupun ketika mesin dinyalakan….suara khas
knalpot megapro lama tidak dijumpai. Melainkan suara muffler yang
benar-benar baru. Agak ngebas dan terdengar empuk namun padat. Dari itu
saja feeling mengatakan bahwa mesin motor ini kencang. Perkara ergonomi
tunggangan…jangan ditanya, dijamin enak dan nyaman. Langsung teringat
sama Megy lawas…persis banget sensasi yang didapat. Pastinya ada
kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya pengendara tidak akan gampang
capek karena posisi tangan yang rileks. Tapi kekurangannya ketika
dilihat pengendara akan kelihatan biasa-biasa aja tanpa ada kesan gagah.
Kalau masalah ini New Megapro memang kalah dengan Yamaha Byson. Byson
ketika kita nyemplak diatasnya serasa sekali “Outstanding” alias aura
“wah”. Mungkin disinilah letak kelebihan motor bernama binatang padang
rumput ini. Tapi tidak untuk urusan mesin……
Byson harus mengakui keunggulan Megapro
untuk urusan engine. Bisa jadi ukuran ban plus catalic converter segaban
Byson yang membikin accelerasi kurang. Namun karakter Megapro memang
beda dengan Byson. Jujur mesinnya sadis!!…..Ketika saya coba open throtle
dengan gigi satu langsung “nyendal…”. Begitupun waktu mesin digeber ban
depan mudah sekali ngangkat. Accelerasi mesin mumpuni tapi tidak
mengorbankan sistem transmisi perpindahan gigi yang termasuk halus.
Terbukti dengan pemilihan low friction engine type, 12 CDI mapping serta
pembenahan-pembenahan lain memang bukan isapan jempol belaka. Sayang
eksplorasi tidak maksimal dikarenakan motor pinjaman dan route hanya
diseputar parkiran. Namun sudah cukup bagi saya untuk menilai bahwa
mesin Honda Megapro anyar ini betul-betul berbeda jauh dengan
pendahulunya. Saya yakin ini motor kalau dibuat tarik-tarikan sama motor
kompetitor yang fuel injeksipun bisa jabanin kalau nggak malah unggul.
Tapi semua hanya berdasarkan feeling serta opini pribadi. Dan harus
dibuktikan dulu. Toh naik motor lebih nikmat tidak usah
kencang-kencang….yo ora bro. So brother…jika anda ingin motor sport
kencang dengan harga terjangkau plus fitur komplit…..New Megapro bisa
dijadikan pilihan. Gimana dengan kestabilan..?? dijamin beda dengan Megy
lawas. Lebih mantep, anteng serta pakem (yo mesti lawong double disk). Punya duit 20juta? monggo dipilih sesuai selera…..(iw/14/10/2010).
Spesifikasi New Megapro 150
- : 2.050 x 757 x 1.075 mm
- : 1.313 mm
- : 152 mm
- : 136 kg
- : Pola Berlian (diamond steel)
- : Teleskopik
- : Tunggal (monoshock) dapat di setel keras dan lembut
- : 80/100 – 17 M/C 46P – Tubeless
- : 100/80 – 17 M/C 55P – Tubeless
- : Cakram hidrolik, dengan piston ganda
- : Cakram hidrolik dengan piston tunggal
- : 12,0 liter
- : 4 langkah, OHC, pendinginan udara
- : 57,3 x 57,8 mm
- : 149,2 cc
- : 9,5 : 1
- : 10,1 kW / 8.500 rpm
- : 12,8 Nm / 6.500 rpm
- : 1 liter pada penggantian periodik
- : Manual, Multiplate Wet Clutch
- : 5 kecepatan
- : 1-N-2-3-4-5
- : Pedal & starter elektrik
- : MF 12 V – 5 Ah
- : NGK CPR8EA-9 / NGK CPR9EA-9
- : DC – CDICDI
trackback
Muantep
BalasHapusTuku aaaaaaahhhh
BalasHapusyo mengko disek, tak lumpok-lumpok dana no... 20 yo lumayan e bro.. :-D
BalasHapusMotor mega pro motor ny bapak"
BalasHapusAnak muda banyak
HapusSaya Punya Motor Mega Pro New,Tapi saya Punya keluhan yang belum Terselesaikan sampai sekarang,jadi setiap jalan 5 KM mtor kayak kehabisan Bensin,kalau di kopling tidak mati tapi kalau buat jalan tidak mau ngangkat/jalan,,kayak bensin gx jalan...kalau udh 5 menit motor normal lgi...dan jarak brp kilo seperti itu lagi.....padahal sudah saya service 4 kali di Ahas, dan bengkel umum,,,,udh kuras tangki bensin,,udh stell kleep,,udah service karbu,ganti busi,,suruh ganti koel..tapi sama aja,,mungkin ada teman2 yang tau ap sebabnya????
BalasHapusSebabnya ya gak jauh di karbu bro.. lo mrembes kan masih ada filter bro.... coba ente buka karbu terus buka karet vakum ... jngn sampe kena bensin... terus cari ring buat maksudnya bukan yang pipih. terus taring di fakum baru pernya kemudian tutup . gua juga gitu dulu tapi sekarang gua makin mantap pake megi
HapusMotor gue juga gitu.. tp blum ketemu masalanya. Bagi pngalamnya dong broo...
Hapusklok pnya sya baru beli 1 bulan langsung gak mau hidup alias mati total
Hapusklok pnya sya baru beli 1 bulan langsung gak mau hidup alias mati total
HapusGanti karet vacum nya bro
HapusGanti pake karbu king aja agan2..ubah pilot jet, dijamin masalah teratasi dan larinya jd lebih oke..tp rada boros bensin dikit
HapusGanti pake karbu king aja agan2..ubah pilot jet, dijamin masalah teratasi dan larinya jd lebih oke..tp rada boros bensin dikit
Hapuspengalaman saya dengan megapro 2005 dan dan 2013 kasus hampir sama, solusi
Hapus1. sambungan/konektor/ cop copan kelistrikan ada yang kendor bahasa jawanya ngevong/ngepong
2. kran bensin yang ada rest,on dan off tersumbat
Pengalaman gua juga sama, stiap jalan jauh, selalu muncul masalah seperti bensin tekor, kadang jengkel juga, solusinya baru ketemu dengan cara kuras premium yang ada di tengki ganti partamax atau pertalite, masalah ngepong nya hilang , satu masalah lg yng bikin jengkel, masalah tangki bocor, kenapa Honda produksi tanki motor pake kaleng krupuk, jaga namamu Honda, jangan jadi kayak krupuk
HapusPermasalahan ada di filter mas, silahkan lepas buang saja filternya ganti sama filter variasi, insyaallah notmal, punya saya 6 kali solo-bekasi, awalnya perjalanan dari solo baru sampai semarang motor gak mau jalan harus diistirahatin dulu, gas ditarik rpm malah turun, sekarang alkhamdulilah dah lanjay, he,,he,,,, selamat mencoba,
HapusPermasalahan ada di filter mas, silahkan lepas buang saja filternya ganti sama filter variasi, insyaallah notmal, punya saya 6 kali solo-bekasi, awalnya perjalanan dari solo baru sampai semarang motor gak mau jalan harus diistirahatin dulu, gas ditarik rpm malah turun, sekarang alkhamdulilah dah lanjay, he,,he,,,, selamat mencoba,
HapusCoba isi bbm pertamax gan..punya saya tadinya mbrebet setelah rajin pertamax sekarang lancar
Hapuswah saingan sama Satria FU dong ?!!
BalasHapusnumpang gan...jual satria FU terbaru Black Fire II kunjungi www.dealermotorsuzuki.com
thx admin
saya jamin menang ngelawan suzuki satria f...
BalasHapusbyson bisa digandeng meskipun byson masih karburator...SALAM SPSK ( SEMAKIN PANAS SEMAKIN KENCANG)
Megi gue manteb bro buat jalan jauh gak masalah tu. Badan pun gak cape.
BalasHapusMegapro mantep gan...
BalasHapussaya punya NMP,setiap pagi ane panasin selalu aja ada suara yg menembak dari knalpot ,,
BalasHapussaya ikut jejak bumi nusantara atau perjalanancahaya di bandung, rute yg di lalui banyak lumpur dan rusak . mega pro tidak ada masalah...
Hapussaya ikut jejak bumi nusantara atau perjalanancahaya di bandung, rute yg di lalui banyak lumpur dan rusak . mega pro tidak ada masalah...
Hapussaya mau beli mp 2012 ko jadi ragu ya?biasanya mesin honda sangat bandel.
BalasHapusmega pro memnag jos masuk lumpur ok. tidak mati...sedikit masalah tangki sering masuk air hujan
BalasHapusJngan mwu bli mega pro.stiap orang pake mega pro pasti tangkinya bocor.gag ad peminatnya jual nya susah.
BalasHapusPerawatan gimana?
HapusAmit2 mongtor megi honda punya,design bapak2 tukang koprasi keliling,kwalitas bobrok,jgnlan beli,dikasih jg ogah.. apa kata dunia kalau gw nunggang megi..
BalasHapusKata siapa bro,gw punya kok aman aman aja??
HapusAmit2 mongtor megi honda punya,design bapak2 tukang koprasi keliling,kwalitas bobrok,jgnlan beli,dikasih jg ogah.. apa kata dunia kalau gw nunggang megi..
BalasHapusAmit2 mongtor megi honda punya,design bapak2 tukang koprasi keliling,kwalitas bobrok,jgnlan beli,dikasih jg ogah.. apa kata dunia kalau gw nunggang megi..
BalasHapusAmit2 mongtor megi honda punya,design bapak2 tukang koprasi keliling,kwalitas bobrok,jgnlan beli,dikasih jg ogah.. apa kata dunia kalau gw nunggang megi..
BalasHapusMegi gua udah 5 th ini masih mantab,,biasanya yang suka mengeluh ga paham masalah motor, bisanya naik sama ngeluh, kalo tipe orang kaya gitu mau dipakein motor aja ya sama, ngeluuh terus..
BalasHapusBos sy mau tnya, boskan jago motor.. keluhan sy kenapa mmesin motor mega pro ini waktu sy ganti kampas kolpengnya lama dgn yg baru, beda tarikannya dgn yg dulu bahkan sering gemetar bos...? Sy tunggu jawabannya bosq....
HapusYaa.. Begitu manusia..
BalasHapusAda kekurangan ad kelebihann..
Ap lagi hanya sekedar motor..
Ap yang menjadikan tengki mototor bega menjadi bocorr.. Gak karuan..
Bantu, dn menta seran nya nya broo..
Mgp kelemahannya di tangkinya cepet bocor nya sama dikran bensin suka mampet tp klo untuk tarikan bolehlah 😀
BalasHapusklo orang medan ya .
Hapusmotor baru
langsung di dempul tuh tangki dan di cat ulang jd tangki lebih tebal. rata orng medan bergitu. jdi gk kropos di bagian luar
Sy punya motor mega pro 2013, keluhan saya mesinnya sering gemetar waktu mau dikasi jalan, itu kenapa ya?
BalasHapusklos .kampas kopling aus atau dah habis
HapusAda yang bisa bantu.setiap jalan beberapa kilo.mesinnya ngadat kayak habis bensin.apalagi kalau habis mainkan kopling.getar mesin dan sering ngadat
BalasHapuskampas kopling aus.habis.slip.
Hapusperlu di ganti.
kadang karet rumah klos dah longar .jadi pokok masalah biasa itu muncul hanya di bagian kampas kompling dan karet rumah klos.coba cek aja di bagian.situ aja pasti nanti ketemu tuh penyakitnya
keknya nampak anda sering ngeber heheheh
HapusJalannya kok sempoyongan alias oleng seperti orang mabuk. Punya saya MP 2012 karburator. Kenapa ya bos
BalasHapuslahar stang ..biasanya
Hapuscm pernah jatuh gk motornya
klo pernah jatuh biasa motor itu berat sebelah contohnya kita mau lurus motor tuh asyik mau ke kanan.
tapi tergantung sisi mana pernah jatuh klo kiri pernah jatuh bawaan asyik berat ke arah kiri.kanan pernah jatuh bawaan berat kekanan.
biasa dri.kasat mata nampak normal tetapi klo.di ukur maka ada yang lari(bengkok)biasa perlu di press.
klo gk pernah jatuh tuh motor
biasa saja mangkok stang/lahar stang tuh dah hancur maka mimis lahar tuh keluar saat gerakin stang kadang berat kadang ringan.klo saat kencang seprti stang dalam kondisi sprti ada yang kendalikan anda sulit kendalikan maka sperti sempoyongan
Menurut saya masih motor ternyaman d kelasnya tapi buat stop n go di perkotaan kurang apalagi nafasny pendek kondisi mesin standar.. btw bapak" skrg banyakan Naik matic lo apalagi motor dinas Kantor" skrg, tinggal rubah headlamp daymaker,Stang, underbone,single seat & undertail udh keren ya udh jd the real streetfighter seperti slogan yg dipakai wkwk 😁
BalasHapusmegapro ane aman aja.. tangki gak kek kerupuk gak pernah bocor tangki
BalasHapuscuma aku punya versi injeksi
yng kesal hanya satu saja tekor baterai engkol susah hidup itu aja sih.
bahkan org bilang mirip verza mesinnya ya saya tes ganti blok piston stang seher milik verza malahan nurun powernya.
kata orang verza lebih yahud.
pokokny NMP versi monoshock karbu dan injek sama ok lah. bagi ku ok banget powernya verza mah brang murah yang mesin mirip saja.
istilah kata mesin NMP itu kualitas 1 mesinverza kualitas 2.
klo versi primus sih gk pernah saya rasakan.
cuma klo mau enk ganti kampas kopling racing dan cdi racing koil racing.motor jamin lebih yahud. cuma klo yang tipe NMP versi injek baterai harus tetap terjaga. klo baterai soak terus di pakai maka fueljetpom bisa rusak.
krna tegangan baterai besar kecil ke injek besar kecil pula.
usahakan baterai ganti klo ada gejala soak jangan pernah tuk ngecas tuh baterai.
pilih baterai yang bermutu.
baterai juga pengaruh ke mesin.
klo mesin NMP cepat panas itu wajar
cuma klo sampe mati mendadak itu sudah tidak wajar oli bisa saja kurang. kualitas oli buruk. pompa oli rusak. hingga bisa gejela mati mesin . setelah dingin motor hidup kembali. jika sering maka motor anda akan siap di bedah alias boring ganti piston.
busi juga bisa buat motor nyendat.
jadi bagi yang sanggup beli motor 1 sekali harus sanggup servis besar.
koil juga bs soak usahakan koil 4 tahun sekali ganti. cdi 4 tahun sekali.
biasa barang elektronik kapan rusak tidak ada tanda tanda.jd biasa sih 4 tahun sekali ganti parts elektronik motor sprti cdi dan koil.
spull 2tahun sekali ganti.
ya itu aj sih perawatan agar tetap fit motornya sampe sepanjang masa.
usahkan oli selalu pake oli bawaan motor.
usahkan teliti dengan oli baterai pompa oli cdi koil spull.krna itu peran penting bagi motor.
klo rante teming atau keteng dapat didengar biasa 3 tahun atau dua tahun ganti (yang sering buat jalan jauh).tp klo oli dan pompa oli gak beemasalah rante teming klep isi daleman mesin bs awet .
itu aja sih saya perlakukan ke NMP saya.
gak takut mogok berkendaraan pun nyaman.
jadi rajin rajin lah rawat motoranda.
motor tanpa kendala anda pun nyaman.
cri wktu libur pelan pelan sedikit demisedikit untuk benerin motor biaya pengeluaran pun gk banyak.
dari pada rusak semua baru di perbaiki maka hasilnya anda akan takut dengan harga.
Itu karburator apa injeksi y kalo boleh sya tau
BalasHapusIya bro pertanyaan kita sama dan juga apa sih perbedaan Megapro karbu dan injeksi???
HapusHonda tankinya pake kaleng bekas,lagi pasang skotlet bensinnya ambiyar...untungnya koreknya pas di matiinn...🤦🏼♂️🤦🏼♂️🤦🏼♂️
BalasHapusLow megapro 2013 injek apa karbu gan
BalasHapusSaran saya mesin ganti NINJA 150RR,di jamin bison,libas..kalo mau kencang,kalo tanki mau kuat dan gak bocor ganti tank kubota 85rd,kalo ngeluh di karbu ganti PE28,KALO ngeluh geal geol,ganti roda 3, bahan bakar ente pake pertamax,udah itu solusi megapro new,di jamin 10 tahun gak akan rewel,oli enduro racing.a kalo nyuci tank jangan di siram cukup pakai kanebo,SELESAI sekian dari saya terimakasih para komentator.
BalasHapusNinja 150rr adakah mas?
HapusJoss
BalasHapus